Cara Atasi Sinusitis

Sabtu, 30 Maret 20130 komentar


Menderita iritasi sinus memang memprihatinkan. Bahkan, Anda tidak dapat menghindari rasa sakit, bila selaput lendir yang melapisi sinus Anda meradang. Meski masalah sinus umum terjadi pada anak-anak, penyakit ini juga bisa mempengaruhi semua kelompok umur. Berikut ini adalah beberapa tips mudah untuk mengurangi masalah sinus:

Manjakan diri Anda dengan makanan berbau tajam seperti bawang merah dan bawang putih dalam pola makan harian Anda. FYI, bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan anti jamur, dan oleh karena itu, ini akan sangat membantu dalam mengobati infeksi sinus.

Minum banyak cairan, yang akan membantu mengeluarkan lendir secara tipis dan menguras sinus Anda. Namun, minuman alkohol harus dihindari karena hanya akan memperburuk infeksi. Untuk bantuan cepat, larutkan beberapa tetes minyak kayu putih dengan air hangat dan oleskan pada tulang pipi.

Lemon balm, yang efektif dalam melawan kuman penyebab sinusitis, bakteri dan jamur, adalah pilihan yang baik dalam mengobati sinus. Untuk mengurangi infeksi, Anda bisa merebus beberapa daun lemon balm kering selama sekitar 10 menit. Saring campuran tersebut dan gunakan sebagai obat kumur.

Terapi uap, merupakan salah satu perawatan yang paling umum untuk sinusitis. Rebus air dalam ketel sampai menguap. Tuangkan ke dalam cangkir atau mangkuk. Tutupi wajah dan kepala dengan handuk, lalu hirup dan hembuskan uapnya melalui hidung.

Selain metode di atas, Anda harus menjaga pola makan seimbang dan gaya hidup sehat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan kurangi risiko-risiko yang akan menyebabkan sinus. Anda juga harus menghindari debu, serbuk sari, dan makanan dingin. Juga, jika Anda menderita sinusitis, merokok harus benar-benar dihindari.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger