Ada Asteroit yang Melewati Bumi Semalam

Minggu, 17 Februari 20130 komentar



Sesuai perkiraan para ahli, asteroid 2012 DA14 yang berdiameter 45 meter hanya melintas dan tidak menabrak Bumi, Sabtu (16/2/2013) dini hari tadi.
Meski demikian, asteroid sempat mencapai jarak terdekat dengan Bumi sepanjang sejarah pengamatan benda-benda langit.
Asteroid yang melesat dengan kecepatan 28.000 kilometer per jam berada di titik terdekat pada jarak 27.599 kilometer dari permukaan Bumi sekitar pukul 02.25. Jarak tersebut lebih rendah daripada orbit satelit geostasioner, yakni 36.000 kilometer.
Namun, semua satelit aman dan tidak ada yang ditabrak obyek tersebut. Asteroid pun melesat menjauhi Bumi.
"Dia sedang menjauh pergi," kata Paul Chidas dari bagian program Obyek-obek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet NASA.
Meski berdiameter setengah lapangan sepak bola dan berada jarak relatif dekat dengan Bumi, asteroid tak dapat dilihat dengan mata telanjang. Perlu teleskop untuk mengamatinya semalam. Tempat pengamatan terbaik adalah di Asia selatan dan Australia, termasuk Indonesia.
Ukuran asteroid ini jauh lebih kecil daripada benda langit berdiameter 9,6 km yang diduga menabrak Bumi 65 juta tahun lalu hingga menyebabkan dinosaurus punah dan penurunan suhu Bumi secara drastis.
Namun, kalau asteroid 2012 DA14 sampai menabrak Bumi sekalipun, dampaknya bakal sangat merusak. Benda seberat 143.000 ton itu bisa melepaskan energi yang setara 2,4 juta ton TNT dan menyapu apa pun di permukaan seluas 1.942 kilometer persegi.
Sebagai perbandingan meteor yang meledak di langit Rusia pada Jumat pagi kemarin hanya berdiameter sekitar 15 meter dan dengan massa 7.000 ton.
Sejumlah orang sempat bertanya-tanya apakah meteor di Rusia dan kedatangan asteroid ini berhubungan. Namun, hasil analisis menunjukkan kedua benda langit berasal dari orbit berbeda sehingga dapat dipastikan hanya kebetulan datang ke Bumi hampir bersamaan.
"Akan tetapi, ini tetap menjadi hal yang langka dan bersejarah," ujar Jim Green, Direktur Sains Keplanetan NASA.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger