5 Manfaat Cengkeh untuk menghilangkan Penyakit

Selasa, 19 Februari 20130 komentar


Top 5- Cengkih biasanya banyak digunakan sebagai bumbu masakan rasanya yang sedikit pedas dan manis membuat cengkih menjadi salah satu bumbu masakan yang sedap, namun tahukah kamu ternyata cengkih juga banyak lho manfatnya untuk kesehatan dan dapat menjadi obat herbal yang mujarab. Nah berikut ini ada 5 manfaat Cengkih untuk kesehatn mau tahu apa aja itu simak berikut ini.

1. Sakit gigi


Untuk masalah pada gigi, Anda bisa mengoleskan minyak cengkih di area gigi yang terasa sakit. Minyak cengkih akan bekerja sebagai antiseptik, pereda nyeri, dan sebagai pencegahan terjadinya infeksi. Selain itu, cengkih juiga mengandung zat yang bernama eugenol yang membantu menenangkan saraf gigi.

2. Menghilangkan mual


Anda cukup mengonsumsi segelas air rebusan cengkih. Bisa juga ditambahkan dengan madu jika Anda kurang menyukai rasanya.

3. Menghentikan batuk berdahak

Mengunyah cengkih dapat menyembuhkan batuk. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

4. Hilangkan bau mulut


Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Nah, untuk urusan yang satu ini, Anda bisa berkumur dengan air rebusan cengkih satu kali sehari.

5. Pereda Stres

Sekarang ini sebagian orang meredakan stres dengan terapi-terapi pereda stres yang menggunakan bahan berbahaya. Untuk itu, tak ada salahnya bila mencoba cara alami yang terbuat dari cengkih. Caranya, didihkanlah air yang dicampur dengan daun kemangi, daun mint, dan cengkih. Kemudian gunakan air tersebut untuk menyeduh teh. Bila Anda suka madu, bisa ditambahkan dalam seduhan minuman tersebut. Secangkir minuman sehat ini bisa bantu meredakan ketegangan pada diri Anda.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger