Ulat jadi makanan paling faforit warga Zimbabwe

Jumat, 01 Februari 20130 komentar


Apa kamu pernah makan ulat mungkin bagi sebagian orang ulat bisa dimakan tapi seperti yang kita tahu banyak orang yang sangat jijik jika disuruh makan ulat.

Namun di Zimbabwe hampir semua wargnya suka makan ulat namun tidak sembarang ulat yang mereka makan hanya ulat yang bisa dimakan saja dan salah satu ulat paling favorit untuk dimakan adalah ulat Mopane.

Ulat Mopane merupakan jenis ulat besar dari spesies Gonimbrasia belina. Biasanya disebut ngengat kaisar. Ulat ini diberi nama Mopane karena ulat ini sangat suka memakan daun Mopane.

Warga Zimbabwe sangat suka memakan ulat Mopane ini terkadang ulat ini diolah menjadi berbagai makanan yang sangat lezat seperti keripik dan biasa juga dimasak dengan direbus sambil disiram dengan saus.

Cara pengolahan ulat ini adalah dengan mengumpulkan ulat ini diember dengan jumlah yang cukup banyak baru isi perut ulat dikeluarkan Setelah bersih, ulat ulat ini di keringkan dengan dijemur di bawah sinar matahari. Setelah pores ini selsai barulah ulat ini siap di olah menjadi makanan yang cukup enak.

Selain enak dimakan ternyata ulat Mopane ini memiliki nutrisi yang sangat tinggi.

“Ulat ini kaya akan nutrisi sehat dan mengandung protein tiga kali lebih banyak dari daging sapi. Mengonsumsi ulat ini lebih ramah lingkungan daripada daging sapi karena hanya membutuhkan sedikit daun untuk memproduksi ulat ini daripada memproduksi jumlah daging sapi yang sama,” kata Marlon Chidemo, ahli nutrisi Zimbabwe kepada New York Daily News (27/01/2013).

Walaupun tidak biasa, ulat mopane kering telah menjadi industri jutaan dolar. Bahkan saat ini diekspor ke negara seperti Afrika Sekatan dan Botswana. Selain itu, hidangan ini juga bisa ditemukan di restoran Afrika di Paris.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger