5 Kebiasaan Makan Dapat Menjadikan Badan Gemuk

Minggu, 24 Februari 20130 komentar



Makan
Top 5- Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan kegemukan bahkan gangguan kesehatan. Terkadang kita bahkan tidak menyadari bahwa kita memiliki kebiasaan makan yang buruk.

Apakah Anda salah satu dari sekian banyak orang yang memiliki kebiasaan makan yang buruk? Temukan faktanya di bawah ini, seperti dikutip dari Sheknows.

1. Mengunyah terlalu cepat

Mengunyah makanan terlalu cepat adalah kebiasaan makan yang paling buruk, karena Anda tidak mengunyah makanan secara sempurna sehingga sistem pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencerna makanan tersebut. Selain itu, terlalu cepat mengunyah dan menelan makanan akan menyebabkan perut terasa kembung. Otak Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk memberi sinyal bahwa perut sudah terisi penuh. Hindari mengonsumsi cemilan yang tidak perlu, pilihlah makanan yang sehat, dan banyak minum air putih ketika makan.

2. Makan sambil beraktivitas

Kebiasaan ini juga harus dihindari apabila Anda ingin hidup sehat. Hindari makan ketika anda sedang menyetir, berbelanja, atau bekerja. Sediakanlah waktu khusus diantara kesibukan anda untuk makan. Selain itu, makan sambil menonton televisi atau sambil main komputer juga merupakan kebiasaan yang buruk karena Anda akan lebih berkonsentrasi pada aktivitas yang sedang dilakukan dibandingkan makan.

3. Terlalu banyak makanan manis

Mengonsumsi gula secara berlebihan hanya akan memberikan tubuh kalori yang tidak dibutuhkan. Mengonsumsi makanan manis memang dapat menmberikan energi namun apabila berlebihan hanya akan menyebabkan kerusakan pada tubuh.

4. Makan karena emosi

Jangan biarkan mood mengatur pola makan Anda. Biasanya apabila sedang frustrasi, dorongan untuk mengonsumsi karbohidrat menjadi lebih besar. Coba alihkan kebiasaan makan kepada aktivitas lainnya seperti berolahraga atau menonton film.

5. Makan sebelum tidur

Kebiasaaan ini sering dilakukan oleh banyak orang, padahal dampaknya sangat buruk bagi tubuh. Seperti mengurangi kualitas dan kuantitas tidur, pencernaan Anda tidak memiliki cukup waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger