5 Gempa Bumi Paling Besar di Dunia

Kamis, 16 Januari 20140 komentar

Top 5- Bencana alam memang tak pernah bisa diduga kapan datang dan menyerang. Mulai dari angin tornado, banjir, gunung meletus, gempa bumi hingga tsunami, semuanya bisa datang kapan saja dan dengan sekejap meluluhlantakkan bangunan kokoh, pepohonan dan gedung-gedung yang terlihat kekar sekalipun.

Beberapa tahun terakhir ini, tak sedikit bencana alam yang kemudian menghancurkan alam. Tak pandang bulu itu adalah negara berkembang atau negara maju, nyaris semua wilayah di bumi pernah merasakannya.

5 Gempa Semenanjung Kamchatka, Rusia

Gempa bumi 9 SR pertama di dunia tercatat pada tahun 1952, di semenanjung Kamchatka, Rusia. Tidak ada laporan kematian pada saat itu, sekalipun dilaporkan tsunami setinggi 13 meter sempat mencapai Crescent City, California.

Pun demikian, dilaporkan kerugian materi besar dialami oleh Hawaii karena kerusakan parah yang dialami oleh mereka.

4 Gempa Pantai Timur Pulau Honshu, Jepang


Gempa bumi terbesar yang pernah menyerang Jepang terjadi pada 11 Maret 2011. Gempa bumi 9,0 SR ini diperkirakan mengguncang Jepang selama 6 menit. Tsunami menelan 29 ribu korban jiwa, merusak Fukushima dan menyebabkan reaktor nuklirnya meledak.

Ada lebih dari 50 titik yang mengalami kerusakan parah akibat gempa tersebut.

3 Gempa Lepas Pantai Sumatera Utara, Indonesia


Salah satu gempa bumi terbesar ketiga di dunia tercatat terjadi di Aceh. Gempa 9,1 SR ini menelan sekitar 227 ribu korban jiwa, 1,7 juta orang yang harus mengungsi, dan 14 titik tsunami menyerang negara-negara di Asia Selatan hingga ke Afrika Timur.

Tsunami ini tak hanya merusak berbagai fasilitas tetapi juga meluluhlantakkan banyak lokasi.Gempa bumi yang terjadi 26 Desember 2004 itu hingga kini masih menyisakan kesedihan dan trauma bagi masyarakat di Aceh.

2 Gempa Prince William, Alaska


Sebuah daerah disebut Prince William di Alaska sempat diserang gempa bumi sebesar 9,2 SR di tahun 1964. Gempa bumi yang berlangsung selama 3 menit itu menelan 128 korban jiwa, dan menciptakan kerusakan di mana-mana.

Banyak tanah longsor, kekacauan jalur komunikasi, pipa gas yang pecah, listrik yang padam, dan tsunaminya menyebabkan kerusakan sepanjang daerah Hawaii.

1 Gempa Valdivia, Chili

Gempa bumi yang tercatat terbesar di dunia adalah gempa di Chili, yang terjadi pada tahun 1960. Gempa bumi sebesar 9,5 SR ini menelan 1,665 korban jiwa. Ribuan orang terluka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Tsunami yang tercipta sebagai dampak gempa menelan 61 korban jiwa di Hawaii, dan 32 orang di Filipina.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger