5 Cara Memanfaatkan Jejaring Sosial Untuk Mencari Kerja

Kamis, 02 Januari 20140 komentar

Top 5 - Jika Anda sedang mencari atau ingin berganti pekerjaan, media sosial juga merupakan tempat yang tepat untuk menemukan pekerjaan yang diinginkan. Untuk itu, banyak pakar berpendapat bahwa media sosial dapat menjadi senjata, yang akan membuat para perusahaan memusatkan perhatiannya kepada Anda. Namun, di saat yang bersamaan, media sosial juga dapat menggelincirkan dan justru menjauhkan Anda dari pekerjaan yang diinginkan.

Jadi, bagaimana cara mengoptimalkan media sosial Anda untuk memperoleh pekerjaan? Berikut enam tips yang diberikan oleh Brad Schepp, penulis How To Find A Job On LinkedIn, Facebook, Twitter and Google+.



1. Bangun profil yang menjual

Bangun profil secara profesional, yang dapat menjual diri Anda. Misalnya, tulis riwayat pekerjaan ddan pendidikan, yang akan memudahkan para pencari kerja untuk mengetahui apa saja yang telah Anda lakukan selama ini. LinkedIn adalah tempat yang paling tepat untuk melakukan itu semua, tapi Anda pun bisa melakukannya melalui Facebook, Twitter, ataupun Google+. Profil yang Anda bangun akan menguatkan posisi Anda, mengenai apa saja yang telah Anda capai. Jangan lupa untuk memperlihatkan kekuatan dan keahlian, serta apa yang bisa Anda tawarkan untuk perusahaan.


2. Bergabung dengan jaringan

Jaringan adalah hal yang penting dalam pencarian kerja. Jangan lupa untuk bergabung dengan kelompok yang sesuai dengan keahlian Anda. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan LinkedIn. Melalui media sosial ini, Anda bisa menemukan grup yang sesuai dengan keahlian Anda. Ikuti grup yang terlihat aktif dan penuh semangat, lalu perkenalkan diri Anda di sana. Bangun sendiri dunia sosial Anda di dunia maya dengan cara menyediakan konten yang berguna bagi jaringan Anda.

Schepp merekomendasikan Anda untuk bergabung dengan akun Twitter ataupun LinkedIn perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam ranah Anda. Dengan bergabung ke akun media sosial mereka, Anda akan mendapatkan informasi terbaru mengenai perekrutan, pengembangan produk, dan kabar-kabar lainnya yang akan menguntungkan Anda. Jika Anda hanya memiliki Facebook, maka jangan lupa untuk menekan tombol “Like” atau “Suka” dari perusahaan yang Anda minati dan berperan aktiflah dalam mengikuti percakapan mengenai tren industri yang ada.


3. Buat diri Anda terkenal


Caranya, dengan membantu orang lain dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan, memperkenalkan diri, dan memberikan tautan ke konten-konten yang provokatif. Buat diri Anda menjadi tempat yang akan mereka tuju ketika mereka membutuhkan jawaban ataupun nasihat. Jawablah pertanyaan secara rutin di kanal-kanal media sosial yang Anda miliki, karena sesungguhnya Anda sedang membangun kerajaan milik Anda di ranah media sosial.


4. Temukan pekerjaan


Banyak website di luar sana yang menyediakan jutaan lowongan bagi para pencari kerja seperti Anda. Manfaat hal ini untuk menemukan pekerjaan yang cocok untuk diri Anda. Jangan lupa untuk meningkatkan peluang Anda dengan mencari pekerjaan melalui jaringan di Twitter, Facebook, ataupun LinkedIn Groups.


5. Jangan meminta pekerjaan


Meskipun Anda sedang membutuhkan pekerjaan, tapi sebisa mungkin jangan sampai Anda terlihat meminta-minta pekerjaan kepada orang lain. Buatlah jaringan dengan orang-orang yang tepat dan biarkan mereka melihat sendiri bagaimana kepandaian Anda, dan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk bekerja dengan mereka. Caranya, buatlah status yang relevan dengan keahlian Anda secara rutin, seperti membagikan informasi kepada grup yang Anda ikuti, atau membagikan hal-hal menarik dari buku maupun artikel yang baru saja Anda baca.

Dan yang terakhir tiggal anda menyusun rencana untuk menggunakan situs tertentu sebagai bagian untuk mencari pekerjaan.

Demikian Informasi dari Kami.. semoga membantu 
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger