Penemuan Robot terbaru

Kamis, 20 Desember 20120 komentar

pada tahun 2012 banyak sekali penemuan robot yang menggemparkan dunia, memang teknologi pada saat ini sangatlah cepat berkembang seiring bertambahnya volume otak manusia yang semakin pandai dalam ilmu teknologi

pada awalnya robot yang pertama di ciptakan oleh manusia adalah mirip manusia yang diciptakan oleh insinyur muslim "Al-Jazari" bapak robot dunia ,.. penemuan robot tersebut mendasari pembuatan robot masa kini.
pada tahun 2012 banyak sekali temuan robot 
diantaranya :

1. Google Glass
Google Glass merupakan proyek dari Google yang dinantikan oleh orang banyak. Google Glass memang belum ada di pasaran, namun debut Google Glass sudah muncul saat ajang fashion Diane Von Furstenberg. Oleh karena penemuan kacamata super dari Google yang berbasis teknologi Augmented Reality ini, Google Glass dinobatkan sebagai “Penemuan Terbaik Tahun 2012″ versi majalah TIME.
Google Glass bersanding dengan penemuan terbaik lainnya, seperti kamera, robot, sepatu, bahkan awan buatan di dalam ruangan. ini merupakan penemuan yang paling terbaik di tahun 2012

2.Robot Serangga pembersih WC
Tanggal 21 November yang lalu, sebuha grup dari perusahaan venture dari Jepang Barat mengumumkan penemuan terbaru mereka yaitu robot berbentuk kumbang untuk membersihkan WC umum di tempat peristirahatan yang ada di jalan tol (highway rest area).
Dengan tinggi 1 meter dan panjangan 1,35 meter, robot yang diberi nama "Lady Bug" dilengkapi dengan tangki air, sikat dan perleatan lainnya untuk kebutuhan pembersihan WC.
mm20071121141635090l0.jpg
"Lady Bug" bahkan dapat bekerja secara aman walaupun terdapat orang di dalamnya karena "Lady Bug" tidak akan menabrak bahkan menggangu orang di sekitarnya. Serta dengan mic yang ada di dalamnya, Lady Bug dapat melakukan percakapan dengan orang sekitar dan juga dapat memberikan informasi penting seperti kondisi jalan dan lainnya.

3. Robot expresi
Adalah Kobian, robot sensitif yang bisa merespon ucapan dan tindakan yang dilakukan manusia kepadanya. Ilmuwan dari Universitas Waseda bekerjasama dengan perusahaan produsen robot Tsmuk Ltd menciptakan robot yang bisa tertawa, menangis, malu bahkan mengeluh.

4. Robot Molekuler
Andrew Turberfielddan koleganya menunjukkan kalau ilmuan lain telah mengembangkan robot berbasis DNA sejenis, yang bergerak secara otonom. Sebagiannya menggunakan rancangan dua kaki dan bergerak dengan bolak-balik menempel dan melepas dirinya dari titik jangkar sepanjang jalur DNA, kaki di atas kaki, ketika bahan bakar ditambahkan. Para ilmuan ingin memprogram robot DNA untuk berjalan secara otonom pada arah berbeda untuk bergerak dalam pola terprogram, sebuah kunci menggali potensi mereka sebagai mesin molekuler pembawa kargo.
Para ilmuan menjelaskan kemajuan menuju sasaran ini — sebuah robot yang dapat dirancang memilih dari berbagai cabang jalur molekuler, ketimbang hanya bergerak pada garis lurus. Kunci pada gerakan khusus ini adalah “jepitan bahan bakar,” sebuah molekul yang bertindak sebagai sumber energi kimia sekaligus untuk mendorong robot sepanjang jalur dan sebagai instruksi routing. Instruksi ini memberi tahu robot kemana harus bergerak selanjutnya, memungkinkan pemilihan antara cabang kiri dan kanan dari persimpangan di sebuah jalur, secara tepat mengendalikan rute robot — yang berpotensi memungkinkan transpor obat atau bahan lainnya.

5. Robot ular kecil
Menurut Hosted.Ap.org, ular yang dimaksud bukanlah ular seperti pda umumnya melainkan ular robot yang bertugas untuk membantu dokter dalam melakukan operasi. Robot ular ini dilengkapi dengan kamera dan beberapa sensor yang dapat membantu para dokter ketika melakukan pembedahan dan ingin meneropong dalam rongga-rongga tubuh sang pasien.
Robot ular yang diciptakan oleh seseorang yang bernama Howie Choset ini diharapkan mampu mengurangi biaya pengobatan yang membutuhkan operasi atau pembedahan dalam prosesnya. Choset mengatakan ular ciptaannya kali ini memiliki ukuran dan berat lebih kecil dan ringan daripada desain sebelumnya.
Selain untuk membantu tugas para dokter, robot ular ini juga dapat membantu para pasien untuk sembuh lebih cepat. Contohnya, dokter hanya perlu melakukan sedikit sayatan untuk memasukkan ular robot ini ke dalam tubuh sang pasien ketika ingin melihat penyakit di dalam tubuh pasien tersebut. Saat ini, untuk melakukan hal tersebut, para dokter lebih banyak melakukan pembedahan besar yang mengakibatkan pasien membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyembuhkan luka bekas sayatan tersebut.
Selain memiliki kamera dan sensor, ular robot ini juga dilengkapi dengan scalpel atau pisau operasi. Dengan fasilitas tersebut, maka dokter tidak perlu melakukan pembedahan secara meluas karena sang ular dapat diprogram dari luar tubuh untuk melakukan pemotongan atau pembedahan secara langsung dari dalam tubuh.
Ternyata tidak hanya membuat robot ular kecil yang berfungsi untuk membantu kerja dokter, Choset juga membuat robot ular dengan ukuran yang cukup besar yang mempunyai tugas untuk pencarian dan penyelamatan atau hanya untuk pengintaian. Salah satu pengujian robot ular besarnya adalah untuk meneliti dasar dari laut merah untuk mengetahui letak kapal perang orang Mesir kuno yang tenggelam di laut merah sekitar 5000 tahun lalu.



Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger