5 Buaya Terbesar Didunia

Jumat, 13 Desember 20130 komentar

Top 5-  Buaya pada umumnya selalu tinggal di perairan tawar seperti sungai, danau, rawa dan lahan basah lainnya, namun ada pula yang hidup di air payau seperti buaya muara. Makanan utama buaya adalah hewan-hewan bertulang belakang seperti bangsa ikan, reptil dan mamalia, kadang-kadang juga memangsa moluska dan krustasea bergantung pada spesiesnya. Buaya merupakan hewan purba, yang hanya sedikit berubah karena evolusi semenjak zaman dinosaurus hingga sekarang.

Sebelumnya tentu kalian pernah membaca artikel tentang telah ditemukannya seekor buaya raksasa di Filipina dengan panjang 6 meter ditetapkan sebagai buaya terbesar di dunia oleh Guinness Book of World Records. Buaya seberat 1 ton ini diketahui pernah menewaskan 2 warga setempat, sebelum akhirnya ditangkap.

Sebagai reptil yang lahir sejak zaman purba, buaya tentunya memiliki ukuran cukup besar, layaknya hewan-hewan purba seperti Dinosaurus atau gajah. Sampai saat ini masih banyak sekali jenis buaya terbesar didunia yang lainnya yang masih berkeliaran diperairan liar sana.



Dibawah ini adalah 5 jenis buaya terbesar didunia yang pernah ditemukan oleh manusia


1. Buaya Pocho (Puerto Rico)



Yang paling unik dari buaya terbesar yang pernah ditemukan di zaman modern yaitu buaya bernama Pocho di Puerto Rico. Dengan panjang 5 meter, ternyata reptile yang satu ini sudah jinak dan dirawat seorang nelayan bernama Chito. Pocho ditemukan Chito di sebuah sungai pada 1990 dalam kondisi sekarat dengan tubuh penuh luka akibat perburuan. Selama delapan tahun Chito merawat Pocho sebelum akhirnya mereka bersahabat. Chito dan Pocho menjadi tontonan menarik para wisatawan yang datang ke penangkaran khusus.


2. Buaya Cassius (Queensland/Australia)



Cassius juga merupakan buaya terbesar yang ditemukan di Australia pada 2008. Tepatnya Green Island atau 27 kilometer lepas Pantai Cairns Saat ditemukan buaya dengan nama ilmiah Marineland Melanesia ini memiliki panjang 5,5 meter. Cassius juga tercatat dalam Guinness World Record sebagai buaya terbesar yang masih hidup. Diperkirakan Cassius telah berusia 100 tahun dan kini dirawat di sebuah penangkaran di Utara Queensland sejak 1987.


3. Buaya Lolong (Manila/Filipina)



Di Filipina juga ditemukan buaya terbesar didunia yang dinamai Lolong pada September 2009 di Sungai Agusan, 500 kilometer dari Manila. Saat ditemukan Lolong memiliki panjang mencapai 6 meter dan berat mencapai 1 ton. Lolong baru bisa dijinakan setelah warga setempat melibatkan 100 orang nelayan. Perburuan Lolong dilakukan setelah seorang nelayan hilang dan diduga telah dimangsa Lolong.


4. Buaya Gustave (Burgundi/Afrika)



Buaya terbesar didunia kali ini dengan panjang 6 meter dn berat hampir 1 ton juga ditemukan di Sungai Ruzuzi, Gurgundi, Afrika. Buaya ini dinamu Gustave. Namun walaupun sudah memangsa manusia lebih dari 300 orang, namun Gustave baru bisa ditemukan dan belum bisa ditangkap. Salah seorang pemburu, Patrice Faye mengaku kesulitan melumpuhkan Gustave. Bahkan selama tiga bulan perburuannya sudah 17 orang rekannya yang tewas. Cerita gansanya Gustave pernah di tarik ke layar lebar dengan judul Primeval.


5. Buaya Krys (Normanton/Australia)



Buaya bernama Krys merupakan buaya terbesar pertama yang ditemukan di zaman modern. Tepatnya ditemukan di Kota Normanton, Queensland, Australia pada 1957. Saat ditemukan Krys memiliki panjang 8,64 meter. Sayangnya saat ditemukan Krys dalam keadaan mati. Nama Krys diambil dari pemburu yang melumpuhkan reptil raksasa tersebut, Krystina Pawlowski di Teluk Carpentaria. Karena hanya dengan sekali tembakan saat membunuh Krys, perempuan ini dijuluku “One Shot Krys”. Dari 5000 buaya yang berhasil ditembaknya, buaya Krys lah yang terbesar.
Share this article :
 
Support : Zv-eLite | TipSeoFriendly | Top Five
Copyright © 2011. TOP FIVE - All Rights Reserved
Template Created by Zv-eLite .com Published by Septa Praseya Hanafi
Proudly powered by Blogger